Sabtu, 09 April 2011

Kisah Pemberantas Narkoba

Kisah Pemberantas Narkoba

Judul buku : Kekasih Rembulan
Pengarang : Fahri Asiza
Penerbit : Gema Insani
Tahun Terbit : 1 maret 2004
Tebal Buku : 186 halaman
Harga Buku : Rp. 20.000,-


Novel karya Fahri Asiza dengan tebal 186 halaman ini mengandung sebuah cerita yang sangat menarik. Cerita ini cukup membuat pembaca terpesona. Walaupun novel ini hanyalah karya fiksi, novel ini mampu membuat pembaca merasa seperti terhanyut dalam kisah yang terdapat dalam novel tersebut. Buku novel kekasih rembualn inu dan merupakan buku novel yang tergolong dalam novel religi bersifat sosial. Tema utama yang digunakan Fahri Asiza dalam novelnya berkisar mengenai kehidupan masyarakat remaja yang sedang melanda di dunia ini.
Pada novel “Kekasih Rembulan“ Fahri mencoba menyorot kehidupan masyakat kota dengan isi buku yang terdapat di dalamnya bahasa perumopamaan. Seperti, mukanya ditekuk kayak cucian kotor, wajah ramon memerah, membabi buta, tatapanya menusuk, harimau di dadaku ini sudah bergejolak.
Gaya bahasa yang digunakan Fahri Asiza banyak mednggunakan tata bahasa yang modern dan baik, namun ada juga yang menggunakan bahasa arab, karena tokoh yang berada dalam kisah itu merupakan sosok wanita yang religius sehingga membuat kita bisa memperdalam ilmu agama islam. Pengarang menyusun dialog dengan logis dan detail yang realities dalam bergeraknya cerita ini sampai akhir cerita.


Alur yang terdapat dalam novel ini adalaj alur maju. Kisahnya bergerak secara berharap berdasarkan urutkan kronologis menuju alur cerita dari awal sampai akhir. Pengarang menggunakan sudut pandang kata ganti orang ke ketiga. Ia lebih banyak mengamati dari luar dari pada terlihat di dalam cerita. Namun walau begitu pembaca tetap bisa penasaran dalam isi novel, sehinggabingin cepat menyelesaikan membacanya.
Penggarang menggambarkan berbagai karakter tokoh yang berbeda dalam novel ini. Tokoh utama seseorang remaja wanita, Zamila yang sangat bersifat religius sangat kuat agamanya, sangat baik, ramah, dan bijaksana. Tokoh Jimmy digambarkan sebagai tokoh yang sangat licik, gagah dan tegas. Tokoh Zakia (adik Zamila) digambarkan sebagai tokoh yang jail dan lucu. Tokoh Muslim, teman Zamila yang bersifat sabar, baik dan bijaksana. Tokoh Komariah, teman Zamila yang bersifat humoris dan disukai banyak orang. Tokoh Dungga teman jimmy yang egois dan sangat nakal. Tokoh Zanian (ibu Zamila), beliau seseorang yang sangat lembut, penuh kasih sayang, pengertian, memiliki rasa kekhawatiran yang sangat tinggi, sangat baik dan ramah. Tokoh Zaenal (ayah Zamila), beliau seorang penyayang, selalu tenang, teliti, tegas, pengertian dan bijaksana. Selain tokoh – tokoh tersebut, ada lagi tokoh – tokoh lain yang berbeda karakter.
Zamila bersama ketiga sahabatnya berusaha memberantas peredaran obat terlarang di sekitar komplek, berbagai usaha mereka lakukan sehingga banyak sekali yang tidak suka gdengan zamila dan teman – temannya yaitu Irawan, Muslim dan Komariah. Sekelompok pengedar obat terlarang itu sangat licik mereka pura – pura baik terhadap zamila padahal dengan berpura – puranya mereka mencoba untuk menutupi dan melabui zamila. Zamila dan teman – temannya tidak mudah untuk memberantas peredaran obat terlarang itu karena Zamila dan teman – temannya menghadapi ancama seperti, butik ibunya di rusak orang, Muslim di tusuk orang tak dikenal dan masih banyak ancaman yang di dapat Zamila dan temannya. Pelaku dari semua itu siapa lagi kalau bukan si sekelompok pengedar yang jahat.
Dengan membaca novel ini maka, pembaca akan mendapatkan pelajaran yang sangat penting seperti jangan mudah terpengaruh dengan orang lain, mendapatkan pelajaran agama islam untuk kehidupan sehari – sehari. Pembaca pun akan penasaran dengan isi cerita di dalamnya sehigga ingin cepat membacanya dari awal sampai akhir cerita.

0 komentar:

Posting Komentar