Minggu, 13 Februari 2011

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

* Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
* Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
* Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.


implementasi jaringan komputer di dunia bisnis

Pada zaman seperti sekarang ini, sudah banyak sekali yang menggunakan dan menerapkan pemakaian jaringan komputer untuk melakukan bisnis, baik itu dari perusahaan, maupun individual, untuk melakukan sebuah bisnis biasanya banyak dilakukan melalui sebuah website, atau juga seperti sekarang ini yang sudah kita kenal sebuah jaringan sosial salah satunya facebook. Selain tempat untuk mencari banyak teman, melalui situs jejaringan ini sudah banyak sekali orang – orang yang melakukan kegiatan bisnis didalamnya, yang sering kita sebut dengan Bisnis Online. Melalui jaringan ini kita dapat melakukan sebuah pemesanan maupun transaksi yang dapat memudahkan kita, bukan hanya itu saja tetapi juga dapat menghemat waktu kita, maupun biaya, Karena dengan adanya media seperti ini kita tidak perlu khawatir lagi untuk mendatangi lokasi tempat yang akan kita kunjungi. Dengan adanya dunia bisnis seperti ini kita dapat melakukan kegiatan pembelian barang dengan jarak yang berjauhan.

implementasi jaringan komputer di dunia mobile

Mobile adalah suatu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya orang yang mempunyai penghasilan cykup yang bisa mempunyai benda seperti handphone,tetapi anak yang masih sekolah pun sudah mulai menggunakannya.

Pada dunia mobile, adanya jaringan komputer memperluas cakupan jaringan mobile, contohnya :
1. Penggunaan perangkat WiFii pada handset/handphone

2. Adanya Video Call dan Video Streaming

3. Pengaksesan email melalui handphone

Implementasi jaringan komputer di dunia rumah

Pemakaian jaringan komputer sering sekali digunakan dirumah – rumah. Apalagi seperti zaman sekarang ini, komputer sangat dibutuhkan sekali demi mendukungnya sebuah aktifitas. Dengan adanya jaringan komputer dirumah – rumah, selain dapat mempermudahkan kita sebagai penggunanya baik itu dapat kita gunakan untuk mengerjakan tugas, membuat sebuah laporan, sebagai media belajar, dan lain sebagainya, juga dapat membuat waktu kita lebih efisien dan menghemat biaya. Ditambah lagi dengan adanya jaringan Internet yang dapat kita akses langsung dirumah. Kita tidak perlu lagi pergi ketempat seperti rental komputer maupun warnet untuk mengerjakan tugas,dan lain sebagainya.

Contoh - contoh implementasi Jaringan Komputer di rumah :
1. Internet

2. TV Cable

3. RT/RW Net


Implementasi jaringan komputer di dunia perbankan

Perbankan berarti berkaitan dengan transaksi tentang keuangan .
Di zaman sekarang yang semakin maju ini orang-orang semakin mudah melakukan transaksi .
Contohnya kalau di zaman dulu kita anak kost harus menunggu dulu beberapa hari kiriman uang kuliah yang dikirim orang tua untuk kita di perantauan tapi sekarang kita tidak perlu menunggu terlalu lama kiriman dari orang tua karena dalam jangka waktu sehari pun bahkan sejam pun kiriman orang tua kita bisa sampai kepada kita dengan melakukan transaksi menggunakan ATM.

Dengan adanya ATM memudahkan kita untuk melakukan transaksi apalagi disaat kita membutuhkan uang dalam waktu cepat kita tinggal gesek kartu ATM kita di mesin ATM tanpa harus langsung ke bank.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
www.google.com
www.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar