Sabtu, 29 Mei 2010

Madu si Legit Rendah Kalori

Madu si Legit Rendah Kalori
Foto: candlelabra.files.wordpress.com
Jakarta - Menghindari gula karena takut akan efek negatifnya? Mungkin pemanis ini bisa jadi alternatif sehat pengganti gula. Pemanis alami dengan kadar kalori jauh lebih rendah tentunya aman untuk Anda yang tengah berdiet.

Siapapun pasti kenal dan pernah merasakan madu. Rasanya manis legit dengan aroma yang khas. Madu biasanya digunakan untuk campuran minuman jamu, pengganti gula untuk minuman, hingga digunakan untuk membuat kue. Madu banyak sekali jenisnya, dan biasanya dibedakan berdasarkan bunga darimana tanaman madu itu berasal.

Ternyata, madu tak hanya bisa dijadikan pemanis pengganti gula saja. Khasiat madu itu sendiri sangat banyak, salah satunya sebagai obat tradisional penurun demam yang sering digunakan orang jaman dulu. Campuran kuning telur ayam kampung dan juga madu alami dipercaya bisa menurunkan demam anak-anak selain menjaga stamina tubuh tetap fit.

Madu mengandung beberapa jenis nutrisi penting untuk tubuh. Diantaranya adalah beberapa senyawa gula seperti glukosa dan fruktosa serta sejumlah mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, natrium, klor, belerang, besi, dan fosfat. Madu juga mengandung vitamin B1, B2, C, B6 dan B3.

Karena molekul gula yang bisa berubah menjadi gula lain (fruktosa jadi glukosa) menjadikan madu mudah untuk dicerna. Bahkan untuk mereka yang memiliki lambung sensitif terhadap asam. Madu juga membantu kerja ginjal dan usus menjadi lebih baik. Kalori yang terdapat dalam madu jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan gula. Tak heran jika banyak wanita mengkonsumsi nya sebagai pengganti gula dalam menu makanan mereka.

Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Madu juga membantu melancarakan peredaran darah dan membersihkan darah dari racun. Oleh karenanya madu dianjurkan untuk dikonsumsi mereka yang sedang dalam masa penyembuhan.

Agar khasiat madu dapat terasa, sebaiknya Anda memilih madu yang alami. Saat ini tak sedikit madu yang dijual di pasaran adalah madu tidak asli alias aspal. Karena sudah dicampur dengan gula sehingga khasiatnya sendiri akan hilang. Jika Anda ingin membeli madu asli ada beberapa toko di Jakarta yang menyediakannya, salah satunya adalah Madu Pramuka yang berlokasi di Cibubur. Berbagai jenis madu yang berasal dari beragam jenis tumbuhan di jual di tempat ini.

sumber :http://www.detikfood.com

0 komentar:

Posting Komentar