Kamis, 22 Oktober 2009

ARTI PENTING ORGANISASI DAN METODE DALAM PERUSAHAAN

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai bagian (orang dsb) sehingga

merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia).

  • Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
  • Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal

1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.

2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.

Metode adalah suatu kerangka kerja untuk melakukan tindakan, atau suatu kerangka berfikir menyusun gagasan, yang beraturan, terarah dan terkonteks, yang relevan dengan maksud dan tujuan. Secara ringakas, metode adaalah suatu sistem untuk melalukan suatu tindakan.
Karena berupa sistem maka metode merupakan seperangkat unsur-unsur yang membentuk satu kesatuan.

Organisasi dan Metode (secara lengkap) adalah rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :

  1. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya,
  2. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen,
    1. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia, dan
    2. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.

Dari uraian di atas terlihat jelas betapa eratnya hubungan antara manajemen, organisasi dan metode, bahkan sepertinya dapat dikatakan bahwa organisasi dan metode merupakan salah satu bidang pengkhususan dari manajemen.

Manajemen pada hakekatnya merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manager) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja tanpa mengabaikan sumber-sumber yang lain dan waktu yang tersedia dengan cara yang setepat-tepatnya.

PT.OIKOS GLOBAL

Pekanbaru, Riau, Indonesia

PT. OIKOS GLOBAL (OIKOS), merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa dan konsultasi lingkungan. OIKOS didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup, dimana kami meyakini bahwa tantangan kedepan akan dihadapi dengan semakin meningkatnya kerusakan lingkungan akibat pengelolaan yang tidak memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

STRUKTUR ORGANISASI PT.OIKOS GLOBAL


VISI DAN MISI

Visi Perusahaan
Memasuki dan melayani pasar regional melalui produk yang berkualitas dan menciptakan kerjasama jangka panjang dengan para pelanggan.

Misi Perusahaan
Memberikan produk dan jasa yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan, monitoring/inspeksi/audit/pengujian yang senantiasa memperhatikan kelestarian lingkungan.
Turut serta mensukseskan program pembangunan berkelanjutan
Indonesia melalui penyediaan jasa konsultasi lingkungan, pendidikan dan pelatihan lingkungan, riset/penelitian lingkungan yang mendukung aktivitas pemerintah dan swasta dan menciptakan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan hidup.

NILAI – NILAI PERUSAHAAN

l Customer Focus
Titik berat layanan difokuskan pada pemilihan produk yang sesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa.

l Expertise
Untuk memastikan pelayanan yang prima, OIKOS melibatkan hanya sumber daya yang ahli dan berpengalaman di bidangnya.

Perusahaan ini termasuk ke dalam bentuk perusahaan yang bergerak pada bidang sosial karena visi mengutamakan pada kelestarian lingkungan dan misinya lebih kearah untuk Memberikan produk dan jasa yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan lingkungan. Seperti melakukan pemantauan lingkungan bagi usaha dan/atau kegiatan yang tidak memiliki dokumen pengelolahan lingkungan hidup.

Perusahaan ini termasuk ke dalam struktur organisasi Lini dan Staff karena dalam organisasi ini staff bukan sekedar sebagai pelaksana tugas tetapi, juga diberikan wewenang untuk memberikan saran – saran demi tercapainya perusahaan itu demikian juga pimpinan tidak sekedar memberikan perintah atau nasehat , tetapi juga bertanggung jawab atas perintah dan nasehat tersebut.

Terdapak kebaikan dan keburukannya :

Kebaikan
a. Dapat digunakan oleh tenaga organisasi sebesar apapun dan sekompleks apa pun.
b. Keputusan yang matang dan sehat dapat diperoleh karena adanya tenaga ahli.
c. Dapat mewujudkan “The right man in the right place”.

Keburukan
a. Solidaritas sukar diwujudkan karena tidak saling kenal
b. Koordinasi kadang sukar diterapkan karena terlalu luasnya organisasi



0 komentar:

Posting Komentar